Sabtu, 16 November 2013

Seputar Tentang Koordinasi

Assalamualaikum wr.wb

Untuk kesempatan ini saya akan membahas tentang koordinasi. Banyak ahli mendefinisikan tentang koordinasi dengan memberi pendapat yang berbeda-beda tetapi mempunyai tujuan yang sama, yaitu bahwa koordinasi adalah asas umum dalam suatu pelaksanaan semua organisasi atau asas pokok dalam organisasi. Dari berbagai pendapat para ahli, maka disimpulkan bahwa koordinasi adalah suatu kelangsungan, keharmonisan untuk mencapai tujuan. Serta dapat dicapai melalui kepemimpinan, organisasi dan administrasi. Koordinasi juga dapat di artikan sebagai suatu penyusunan usaha-usaha kelompok di dalam suatu kelangsungan atau keteraturan sikap, sehingga mencapai kesatuan tindakan dalam mengusahakan tercapainya tujuan bersama.

Pentingnya Koordinasi
  1. Mencegah terjadinya kekacauan, dan percecokan antar kelompok.
  2. Agar pekerja dan pekerjaannya disamakan serta diarahkan untuk mencapai tujuan bersama.
  3. Dapat memanfaatkan sarana dan prasarana dalam mencapai tujuan.
  4. Agar semua unsur manajemn dan pekerjaan masing-masing individu harus membantu tercapainya tujuan tersebut.
  5. Agar semua tugas, kegiatan dan pekerjaan terintegrasi kepada saaran yang diinginkan.
Ciri-Ciri Koordinasi
  1. Tanggungjawab koordinasi terletak pada pimpinan.
  2. Adanya proses (continues process).
  3. Pengaturan secara teratur usaha kelompok.
  4. Konsep kesatuan tindakan.
  5. Mencapai suatu tujuan koordinasi
Tipe-Tipe Koordinasi
  1. Koordinasi vertikal adalah kegiatan-kegiatan penyatuan, pengarahan yang dilakukan oleh atasan terhadap kegiatan unit-unit, kesatuan-kesatuan kerja yang ada dibawah wewenang dan tanggungjawab. Koordinasi vertikal secara relative mudah dilakukan atasan, dan dapat memberi sanki aparat yang sulit diatur.
  2. Koordinasi horizontal adalah mengkoordinasikan tindakan-tindakan atau kegiatan-kegiatan penyatuan, pengarahan yang dilakukan terhadap kegiatan-kegiatan dalam tingkat organisasi/kelompok.
Masalah Dalam Koordinasi
  1. Perbedaan dalam orientasi terhadap tujuan tertentu.
  2. Peredaan dalam orientasi waktu.
  3. Perbedaan dalam orientasi antar waktu.
  4. Perbedaan dalam formalitas struktur
Cara-Cara Mengadakan Koordinasi
  1. Memberikan keterangan langsung
  2. Mengusahakan agar pengetahuan dan penerimaan tujuan yang akan dicapai oleh anggota untuk mencapai tujuan bersama.
  3. Mendorong para anggota untuk berukar pikiran, mengemukakan ide, saran-saran dan sebagainya.
  4. Mendorong para anggota untuk berpartisipasi dalam tingkat perumusan dan penciptaan sasaran.
  5. Membina human relation yang baik antar sesama anggota
Itulah uraian singkat tentang koordinasi.Mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan ini.

Wassalamualaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar